Tip Hemat Buget Belanja Perabot Rumah Tangga

Hemat Belanja Perabot Rumah Tangga

Perabotan rumah tangga dibutuhkan untuk mengisi setiap ruang di dalam rumah Anda. Baik itu perabot berupa kursi, sofa, meja, lemari, tempat tidur, hingga barang elektronik lainnya. Tentu akan terasa berat diongkos bila harus belanja semua perabotan tersebut secara bersamaan bukan? Budget yang dibutuhkan bisa jadi sangat mahal. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya kini ditawarkan solusi belanja kredit yang bisa Anda cicil tiap bulan. Selain mempertimbangkan belanja secara kredit, Anda juga harus cerdas memilih perabotan rumah seperlu menekan pengeluaran. Berkaitan dengan hal ini berikut diberikan tips-tips hemat budget belanja perabotan untuk hunian Anda:

peralatan rumah tangga

Pilih Perabotan Hemat Energi

Supaya menghemat budget dalam jangka panjang, baiknya pertimbangkan perabot yang hemat energi atau tidak boros memakan daya listrik. Sudah terbukti bahwa perabot hemat energi ampuh menekan biaya operasional setiap harinya, sehingga pengeluaran bulanan Anda tidak terlalu membengkak. Pilih perabot hemat energi terutama perabot yang digunakan setiap hari seperti pendingin ruangan, kulkas, dan lainnya.

Beli Perabotan Sesuai Fungsi

Cara menghemat budget saat belanja perabot rumah tangga berikutnya yaitu dengan membeli sesuai fungsinya. Fungsi perabot seringkali diabaikan lantaran desain yang dibuat unik. Perlu Anda tahu, perabot berdesain unik biasanya dibandrol dengan harga lebih mahal. Padahal bila dilihat dari segi fungsi bisa jadi sama dengan perabot murah lainnya. Karena itu, utamakan fitur yang dijanjikan. Bisa diambil contoh, misalnya saja mesin cuci dengan kelengkapan fitur time wash atau fitur lainnya. Fitur dalam mesin cuci tersebut mungkin benar cukup membantu. Hanya saja kehadiran fitur tersebut membuat harga jual lebih mahal. Karena itu pilih sesuai fungsi yang Anda butuhkan. Bila memang tidak membutuhkan fitur yang disematkan, jangan ragu pilih produk lain.

Hindari Perabotan yang Boros Biaya Perawatan

Hindari membeli perabotan rumah tangga yang boros biaya perawatan. Beberapa peralatan elektronik seperti mesin cuci, microwave, dan AC membutuhkan biaya oprasional yang tidak mudah. Belum lagi biaya perawatan yang tentunya akan mempengaruhi pengeluaran di kemudian hari. Untuk itu, pilih perabot elektronik yang dilengkapi dengan filter agar lebih mudah dibersihkan dan Anda tidak harus membawanya ke tukang servis. Selain itu, sesekali waktu bersihkan perabotan Anda secara rutin. Hal ini seperlu menghilangkan debu atau kotoran menempel yang mana bisa membuat perabotan Anda rusak.

Pilih Perabot Ukuran Pas Sesuai Kebutuhan

Pilih-pilih peralatan rumah tangga dengan ukuran pas. Maksudnya hindari membeli perabotan dengan ukuran terlalu besar yang mana malah akan memakan banyak ruang di rumah Anda. Apalagi bila perabotan yang dibeli sebenarnya tidak sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, mungkin Anda tergoda membeli kulkas dua pintu ukuran besar padahal Anda memiliki ruang kosong cukup kecil dan sebuah keluarga kecil. Bila Anda tetap nekat membeli kulkas pintu 2 ukuran besar tentu akan boros ruang dan boros energi sementara kulkas dibiarkan kosong tidak penuh terisi.

Pilih Toko Bebas Biaya Kirim

Sejumlah toko perabotan diketahui membebankan biaya pengiriman kepada Anda selaku pembeli. Bisa dibilang biaya kirim cukup menambah besar anggaran yang harus Anda bayar. Apalagi bila lokasi pengiriman terbilang cukup jauh. Oleh karena itu, pertimbangkan membeli perabotan di toko yang memberikan jasa kirim gratis. Adapun bila Anda tidak menemukan toko dengan jasa kirim gratis, pertimbangkan untuk membawa kendaraan sendiri seperlu membawa pulang perabotan rumah tangga yang dibeli.