Rumah Idaman

Lima Poin Penting Sebelum Membangun Rumah Idaman Anda

Memiliki rumah idaman tentunya menjadi dambaan setiap orang, termasuk Anda. Setelah menabung bertahun-tahun dari gaji yang diperoleh, akhirnya Anda dapat mewujudkan impian tersebut sekarang. Namun, sebelum memulai proses pembangunan hunian tersebut, ada baiknya Anda memperhatikan lima poin penting di bawah ini.

1. Menentukan Ukuran Bangunan dan Denah Rumah

Hal paling dasar sebelum membangun rumah idaman keluarga adalah menentukan ukuran serta denah untuk hunian. Untuk ukuran, Anda harus menggunakan angka genap atau kelipatannya dalam ukuran meter. Selain itu, Anda harus yakin jika material bangunan yang dipakai cocok dengan rumah yang akan dibangun. Kemudian, untuk urusan denah, Anda dapat memilih denah bentuk persegi atau persegi panjang. Hal ini akan berpengaruh pula terhadap bahan bangunannya.

2. Memilih Lokasi dan Menyesuaikan Cuaca

Pastikan Anda membangun rumah pada permukaan yang datar. Sebab, kalau memilih permukaan yang miring, apalagi cukup curam, Anda akan mengeluarkan biaya lebih untuk proses pemerataan. Lantas, jangan lupakan faktor cuaca dari daerah yang akan Anda tempati. Observasi rumah-rumah yang dibangun di kawasan tersebut, karena hunian-hunian itu pastinya telah lulus dari tes dan memakai konsep yang sesuai dengan kondisi alam di sana. Riset ini juga akan membantu menekan pengeluaran Anda.

rumah idaman modern

3. Mencari Tukang atau Mandor yang Sudah Ahli

Anda tentunya ingin rumah tersebut ditangani oleh orang-orang andal dan terpercaya, bukan? Maka dari itu, jangan lupa mencari tukang atau mandor terbaik untuk membangun rumah Anda. Selain melalui akses dunia maya, Anda juga dapat menanyakan rekomendasi dari teman-teman atau rekan kerja yang baru selesai membangun rumah. Dari mereka, Anda juga dapat mengetahui biaya yang dibutuhkan untuk membayar para tenaga kerja bangunan tersebut.

4. Memakai Material Bangunan Lokal atau Alternatif

Mencari bahan bangunan yang berkuaitas dengan harga terjangkau tidaklah sulit. Anda hanya perlu menggunakan material lokal seperti bambu, pasir, tanah urug, kayu, serta batu kali. Cari bahan-bahan tersebut di toko material profesional dan jangan cepat terlena dengan harga yang sangat murah. Selain itu, Anda juga dapat memakai bahan bangunan alternatif untuk mempercantik serta mengokohkan rumah. Di antaranya adalah semen fiber, semen mortal, beton, dan lain-lain. Biaya yang dikeluarkan untuk material alternatif tak kalah terjangkau dengan material lokal.

5. Membangun Rumah di Hari-hari Tertentu

Ternyata, pemilihan waktu untuk membangun rumah dapat menjadi faktor jumlah biaya yang akan Anda keluarkan. Jika Anda memilih masa liburan, harga material dan pembayaran untuk tenaga kerja akan lebih mahal daripada biasanya. Lantas, tidak ada salahnya jika Anda juga mulai mempertimbangkan jadwal membangun rumah idaman 2015 agar biaya yang dikeluarkan tidak naik secara drastis.

Baca Juga Tips Lainnya :

1.Model Rumah Minimalis

2.Desain Rumah Minimalis

3.Rumah Minimalis Modern